• Anda Pengunjung ke-

  • Peta Lokasi

  • a

  • Karya tulis

  • Komentar Anda

    maziesolis45696 on A – Z success
    Alfa trophy on Benda Itu bernama Plakat.…
    Bodin Lingga@ Bintan… on Benda Itu bernama Plakat.…
    abdul aziz on Kisah Katak dan Rembulan …
    abdul latif on Hidup Mandiri
  • Motto hidup

  • Link

Tulisan Pena tentang lingkungan dan Pemerintahan

Beberapa hari yang lalu aku sempet lihat berita, sri mulyani (meteri keuangan) menyebutkan kalo di negara indonesia, yang notabene adalah negara yang baru bangkit dari keterpurukan, adalah wajar untuk menerapkan kebijakan yang pruden (hati-hati) dan lebih waspada namun tetap optimis. Pemerintah tetap optimis pertumbuhan ekonomi makro yang telah bagus dan ekonomi mikro yang mulai menggeliat akan membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi. Dengan prediksi inflasi sebesar 6,3 % di tahun 2007 ini pemerintah sepertinya optimis, sektor riil akan bangkit dan pasar saham akan kembali dibanjiri oleh investor. Kendala saat ini adalah tantang tenaga kerja. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika telah membuka BEJ di jakarta beberapa hari yang lalu menyebutkan bahwa kini kondisi pengangguran di indonesia mencapai 10 % dari jumlah penduduk indonesia, dan yang lebih banyak adalah pada penduduk pedesaan. Tentu saja hal ini sangat memprihatinkan bagi kita semua. Kita tentu tidak ingin negara ini menjadi negara yang paling banyak penganggurannya.

Peran kita dimana? tentu kita sebagai mahasiswa memiliki peran yang sangat penting. Biar bagaimanapun kita adalah penerus generasi bangsa yang besar ini. Kita dapat berperan dalam pembangunan dengan berkomitmen belajar giat, membantu sesama (berbagi) ilmu, baik melalui organisasi kemahasiswaan maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), contohnya HMI, HTI, KAMMI, maupun yang lainnya. Di sini kita bisa menyuarakan aspirasi kita juga kepada pemerintah sesuai dengan profesi kita. Seorang dokter bisa mengkritisi kebijakan kesehatan yang diterapkan pemerintah, bagaimana pemerintah menanggapi virus flu burung, berbagai penyakit lain yang menjangkit kawasan indonesia, dll. Seorang mahasiswa Farmasi bisa memantau peredaran obat dan makanan di Indoseia yang akhir-akhir ini seringkali kita jumpai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sering kan kita jumpai di TV, seorang pedagang menggunakan zat beracun untuk ditambahkan dalam barang dagangannya…. Demi menarik konsumen, sementara si konsumen tidak tau kalau barang yang dia beli mengandung zat yang berbahaya…

Atau, bisa juga seorang mahasiswa teknik, menemukan seuah alat yang bisa membantu petani agar dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan menghasilkan panen yang banyak. Itu semua dimulai dari diri kita sendiri.
Kuncinya adalah :
1. Selalu mawas diri dan berpegang tegus pada prinsip berbagi dalam keikhlasan
Artinya : meski kita mahal membayar kuliah dan capek belajar, kita jangan
sekali-kali bertujuan untuk menggunakan ilmu kita untuk mengeruk
hasilnya demi keuntungan kita semata. Kita seharusnya berbagi ilmu
dengan sesama dan menggunakan ilmu kita untuk kemashlahatan
umat.
2. Giat belajar dan meraih prestasi (jiwa prestatif)
Artinya : kita harus selalu berkompetisi (dengan sehat) dalam meraih
keberhasilan. Raih IPK Cum Laude. Kuasai Ilmu dan teknologi.
Gunakan waktu yang dimiliki untuk menggali pengetahuan dan
wawasan.
3. Selalu berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan sakit, susah, lapar, haus, kenyang, senang, bahagia. Apapun yang dihadapi, percayalah bahwasanya Allah tidak akan memberikan ujian diatas kemampuan hambanya.
4. Saling menyayangi antar sesama, baik dengan orang tua, keluarga (adek dan kakak), teman, sahabat, maupun tetangga sekitar kita.
5. Menghormati guru, dosen maupun pendidik kita yang telah memberikan ilmu kepada kita. Hal ini penting namun seringkali kita lupakan. Terkadang kita merasa jengkel bila ada dosen yang memberi kita nilai jelek. Padahal bila kita introspeksi diri, kita yang lalai dalam belajar dan lebih menyukai main games daripada belajar…. (Maaf kalo tulisan ini agak sedikit menyinggung perasaan)

Dalam keseharian, mungkin seringkali melupakan hal ini…. Namun mudah-mudahan dapat menjadi masukan yang berharga kelak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: