• Anda Pengunjung ke-

  • Peta Lokasi

  • a

  • Karya tulis

  • Komentar Anda

    maziesolis45696 on A – Z success
    Alfa trophy on Benda Itu bernama Plakat.…
    Bodin Lingga@ Bintan… on Benda Itu bernama Plakat.…
    abdul aziz on Kisah Katak dan Rembulan …
    abdul latif on Hidup Mandiri
  • Motto hidup

  • Link

Menghargai aturan di Jalan

Saat itu terrik matahari sudah tidak terlalu panas… Matahari mulai tergelincir ke arah barat. Aku berkendara menuju kampus… rencananya sih mau nyambangi kampus setelah agak lama gak ke kampus… mengecek e-mail… sambil bercanda dan bercengkrama dengan teman-teman…

Aku melewati jalam MERR II.. di perempatan jalan aku harus berhenti karena lampu lalu lintas menunjukkan merah… ku tengok beberapa kendaraan di sampingku juga melakukan hal yang sama… mobil pick up… sepeda motor… sedan… dan truk…

Tadinya memang aku tidak memperhatikan sekelilingku… namun… aku mulai tertuju pada supir mobil pick up… dia dengan santainya membuang kulit buah rambutan ke jalan setelah melahap daging buahnya… betapa tidak bertanggung jawabnya orang itu….

Padahal  aku percaya… setiap kendaraan (mobil…) pasti memiliki tempat sampah di dalam mobil tersebut… ataupun bila tidak ada… seharusnya orang itu tidak benar bila membuang sampah di tengah jalan… walaupun aku yakin.. kulit buah itu akan terurai oleh tanah… seperti proses pembusukan sampah pada umumnya….

Aku juga memperhatikan di seberang jalan dari arah kampus C unair… sebuah kendaraan umum jenis bemo di perempatan jalan ketika lampu lalu lintas menunjukkan warna hijau, si supir bemo itu justru berhenti untuk menaikkan penumpang…. padahal aku yakin… kalau hal itu sangat dilarang…. Kontan saja para pengendara mobil dan motor yang ada di belakangnya semua mengklakson…. protes bahwa bemo itu menghalangi jalan mereka…

Aku yakin dua illustrasi di atas menggambarkan sekelumit permasalahan tentang lalu lintas di Indonesia… Saya yakin masih banyak pelanggaran yang terjadi selain dua kasus di atas… Mengapakah orang ketika di jalan bersikap seperti itu….? Sebenarnya apa solusi yang bisa kita berikan menanggapi permasalahan itu….??

Pembaca yang budiman, silahkan anda memberikan komentar anda baik berupa solusi, kritik maupun saran mengenai permasalahan itu..

Terima kasih.

Leave a Reply

