• Anda Pengunjung ke-

  • Peta Lokasi

  • a

  • Karya tulis

  • Komentar Anda

    maziesolis45696 on A – Z success
    Alfa trophy on Benda Itu bernama Plakat.…
    Bodin Lingga@ Bintan… on Benda Itu bernama Plakat.…
    abdul aziz on Kisah Katak dan Rembulan …
    abdul latif on Hidup Mandiri
  • Motto hidup

  • Link

Benda Itu bernama Plakat..

Pada intinya, semua orang ingin sukses..ingin berhasil…ingin punya sesuatu untuk dibanggakan… baik itu untuk diri sendiri, keluarga maupun untuk kerabat dekat. Kesuksesan, seperti yang dikutip oleh Hendi dalam rubrik manajemen diri di harian sinar harapan, 2002 bahwa:

K eberhasilan. Tanyakan pada 10 orang berbeda apa artinya menjadi seorang yang berhasil dan Anda akan memperoleh 10 jawaban berbeda. Di lain pihak, tanyakan pada mereka apakah mereka ingin menjadi orang yang berhasil dan Anda kemungkinan besar hanya akan memperoleh 1 jawaban. Semuanya ingin berhasil.”

“Apa definisi keberhasilan? Sebagian orang mungkin akan menjawab bahwa menjadi orang yang berhasil berarti mempunyai harta yang berlimpah. Menurut mereka, orang yang berhasil adalah yang mempunyai rumah mewah lengkap dengan kolam renang dan halaman yang luas, atau yang mengendarai mobil built-up yang harganya setara dengan gaji seumur hidup rata-rata manusia Indonesia. Singkatnya, orang yang berhasil adalah orang kaya.Sebagian yang lain mungkin akan menjawab bahwa orang yang berhasil adalah orang yang mempunyai kekuasaan yang besar. Orang yang berhasil adalah pemimpin-pemimpin besar.

Ungkapan hendy tersebut tidaklah keliru namun tidakpula benar mutlak. Pembaca yang budiman pasti akan sepakat dengan kutipan artikel di atas bahwa semua orang memiliki preferensi yang berbeda-beda mengenai keberhasilan.

Menurut hemat saya, keberhasilan merupakan sebuah penghargaan yang kita terima ketika kita melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Penghargaan itu tidak harus berupa uang, kekuasaan, jabatan maupun materiil lainnya. Mungkin penghargaan itu dapat berupa sebuah kecupan di kening, do’a yang tulus dan sebuah pelukan yang hangat… Atau mungkin yang lainnya…

Ya.. itulah yang terjadi tanggal 15 maret pagi itu, sebuah pelukan dan kecupan dari ibu. Hari itulah secara legal tersematkan tali di kanan topi TOGA-ku. Dengan puji syukur pada Allah SWT, hari itu rektor ITS memberikan statement bahwa diriku dinyatakan secara legal menerima surat ijazah tanda aku telah menempuh pendidikan di ITS.

“Dan Allah akan menambah nikmat bagi siapa yang mensyukurinya…”

Pagi sekali ketika tiba di ITS. Waktu itu jam menunjukkan pukul 08.00 WIB, dan sebelum masuk ke Graha, aku rangkul ayah dan ibu tuk berpose sebentar di dekat graha.

Di Dekat Graha

Setelah masuk dan mengikuti prosesi wisuda di graha, sudah menjadi tradisi bagi wisudawan untuk diundang ke jurusan untuk merayakan kebahagiaan ini. Sudah pasti kesempatan ini tidak kulupakan saat teman-teman memberikan ucapan selamat dan semua orang tampak senang sekali menyambut para wisudawan.

Di Jurusan inilah aku mendapat sebuah benda yang mungkin akan menjadi sebuah kenangan yang berarti dalam hidupku. Meskipun benda itu bukalah benda yang mewah dan mahal, namun di benda itu tersemat namaku.

“Dan sesungguhnya Allah benar-benar akan menambah nikmatnya bagi mereka yang mensyukurinya…”

Batu bernama Plakat itu terbuat dari batu marmer dengan hiasan sebuah duplikat seorang wisudawan di ujungnya. Saat kupegang di sisi atas, kudapati bahwa permukaannya licin. Terdapat namaku di sana dan juga logo TI ITS.

Alhamdulillah ya Allah…

Maka, seperti yang aku kemukakan di atas, bahwa tiap orang memiliki preferensi keberhasilan masing-masing dan inilah menurutku keberhasilan yang saat ini aku capai, merampungkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Dan Insya Allah bila di kemudian hari diberi kesempatan tuk duduk di bangku itu lagi, aku kan bersyukur pada Dzat yang memberi warna pada daun…

Terucap syukur pada bunda yang memberikan motivasi, do’a dan semangat selama ini. Ayah yang selalu memberikan wejangan tuk giat berusaha dan adek serta kakak yang banyak membantu.. tak lupa pula bagi mereka yang membantu biaya pendidikanku. Terima kasih…..

3 Responses

  1. Selamat yaa… Mas, Selamat datang di era tanggungjawab yang baru, sesuai dengan kompetensi Anda.
    Tanggungjawab itu bernama “MUASiR” (Mujahiddin, Uswatun hasanah, Asabiquunal awwaluun, Sirajan muniran, dan Rahmatan lil’alamiin).
    Untuk share silahkan klik http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. Sukses selalu Buat Blogger yang keren ini,kelihatannya selalu sukses dalam semua kegiatannya…

  3. Wahh keren banget nich blog nya Boss… Mau diajarin bikin wordpress dot com nich…saya masih baru belajar dagang online..nich belum bisa bikin sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: