• Anda Pengunjung ke-

  • Peta Lokasi

  • a

  • Karya tulis

  • Komentar Anda

    maziesolis45696 on A – Z success
    Alfa trophy on Benda Itu bernama Plakat.…
    Bodin Lingga@ Bintan… on Benda Itu bernama Plakat.…
    abdul aziz on Kisah Katak dan Rembulan …
    abdul latif on Hidup Mandiri
  • Motto hidup

  • Link

Demo Kekerasan, Masalah atau Solusi?

Penuh dengan ide.

Penuh dengan prinsip.

Penuh dengan berbagai kritik.

Penuh dengan semangat.

Ya, itulah yang dimiliki oleh seorang pemuda. Terlebih lagi bila ia mengenyam pendidikan perguruan tinggi atau menjadi mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri perananan mahasiswa di masyarakat sangat penting guna menjadi agen kontrol pemerintahan dalam bentuk pengawasan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Sejarah Indonesia mencatat bahwa perubahan yang di alami oleh Indonesia sarat akan Demo atau aksi… Dan tidak sedikit mahasiswa ada di garis depan untuk menuntuk berbagai kritis terhadap kebijakan pemerintah, seperti tentang pendidikan, ekonomi, hukum maupun kesejahteraan masyarakat.

Namun, akhir-akhir ini sering kali terjadi aksi demo dengan kekerasan yang tidak hanya berdampak pada luka-luka, namun menyebabkan berbagai macam kerusakan, baik di jalan, di perkantoran maupun kampus. Banyak sekali tindakan anarkis yang dilakukan baik oleh pelaku demo maupun pihak aparat penegak hukum. Bila terjadi bentrokan, ujung-ujungnya pasti tiap pihak akan berdalih untuk membenarkan tindakannya…. yang akhirnya menyeret pada pertentangan dan saling tuding.

Sementara itu, pemerintah tetap saja kekeh dengan pendirian kebijakannya. Umumnya setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan, mahasiswa atau masyarakat berdemo untuk menentang atau menolak kebijakan itu… namun, setelah berhari-hari berdemo… terus terjadi bentrokan… ada yang terluka tau bahkan mungkin meninggal… sama saja… pemerintah tetap saja melakukan kebijakannya. Contohnya kenaikan BBM, toh sampai sekarang tetap naik. Atau program BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang ditolak oleh pendemo, tetap saja dijalankan.

Apakah ini solusi? Apakah demo merupakan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah? Atau justru demo itu menyebabkan masalah?

Menurut saya, seberapa besarpun kekuatan demo tidak akan efektif dalam menyelesaiakan masalah. Bila masayarakat atau mahasiswa ingin memperbaikan pemerintahan ini… satu-satunya cara adalah dengan MASUK SEBAGAI PEMERINTAH..!!!

Tentu saja, niat masuk ke dalam pemerintah ini harus dibarengi dengan niat yang tulus dan jujur benar-benar ingin memperbarui pemerintahan yang korup, penuh dengan kedzaliman dan berbagai tindakan anarkis. Tentu saja langkah yang paling tepat adalah dengan berprestasi… menjadi orang yang berpengaruh dan akhirnya terjun ke masyarakat dengan santun dan terus memberikan sumbangsi kepada negara apapun profesi kita.

Bagi yang masih mahasiwa hendaknya tidak melakukan kekerasan saat melakukan demo. Sampaikan dengan cara yang damai dan santun kepada pemerintah. Dan bagi pihak aparat tidaklah bijaksana meredam demo dengan kekerasan… apalagi sampai terjadi pelanggaran HAM.

Bagi mereka yang telah diberi kesempatan untuk duduk di wakil rakyat untuk tidak lupa saat mendengar jeritan mahasiswa atau masyarakat saat demo. Temui bila memang  mereka ingin bertemu untuk melakukan dialog… sepanjang ada waktu dan tidak sedang melakukan TUGAS UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT! Buat contoh yang teladan di masyarakat dengan cara tindakan yang baik seperti memakai mobil pribadi saja untuk pergi untuk urusan pribadi, berhemat listrik bila tidak digunakan, menyelesaikan tugas dengan efektif dan bertanggung jawab, jujur dan selalu berdo’a kepada Allah SWT untuk kemajuan Indonesia.

Saya tutup tulisan ini dengan memanjatkan do’a kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia segera keluar dari berbagai krisis ini, krisis ekonomi, moral dan kesejahteraan rakyat. Saya haturkan terima kasih bagi para pemimpin bangsa yang JUJUR dan BERTANGGUNG JAWAB dalam melaksanakan tugasnya. Dan saya acungkan jempol kepada Mahasiswa yang melakukan DEMO TANPA MENGGUNAKAN KEKERASAN. Alhamdulillah. Amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: