• Anda Pengunjung ke-

  • Peta Lokasi

  • a

  • Karya tulis

  • Komentar Anda

    maziesolis45696 on A – Z success
    Alfa trophy on Benda Itu bernama Plakat.…
    Bodin Lingga@ Bintan… on Benda Itu bernama Plakat.…
    abdul aziz on Kisah Katak dan Rembulan …
    abdul latif on Hidup Mandiri
  • Motto hidup

  • Link

Sekelumit Kisah TI 04

22 – 25 Agustus 2004

Seluruh mahasiswa baru ITS angkatan 2004 mengikuti tes TOEFL yang diadakan oleh ITS…. tes ini adalah syarat untuk mengetahui seberapa besar kemampuan bahasa inggris mahasiswa ITS setelah dinyatakan diterima di ITS melalui pengumuman SPMB atau jalur lainnya… tentu saja TI 04 saat itu belum banyak mengenal angkatannya… Mereka hanya masih megenal teman-teman satu SMA atau yang berasal dari daerah masing-masing dan sama-sama diterima di ITS..

 
25 Agustus – awal Oktober 2004

Ini adalah masa-masa yang melelahkan… menyenangkan…mengharukan…menyakitkan… memilukan dan juga fantastis…!!! Ya…. waktu itu adalah waktu dimana angkatan 2004 menjalani proses pengkaderan di TI… SISTEM dan IOC 04… Ya… saat itulah terjalin ikatan yang kuat pada diri masing-masing anggota angkatan 2004… Semua merasa terlibat… Awalnya 141 orang… dan akhirnya menjadi 139 orang… 1 orang ketrima di STAN dan 1 orang lagi tidak mengikuti proses pengkaderan tersebut…. di minggu ke-3 ada kejadian yang mengejutkan… Anggun jatuh…. saat itu adalah saat klimaks SISTEM 04 dimana memang angkatan 2004 belum menuntaskan tugas membuat kepleknya… dan sudah seharusnya hari itu memakai keplek resmi SISTEM 04… terjadilah pengusiran oleh panitia… khususnya dari IC… Bentrok fisik tidak terelakkan… satu tumbang… Anggun… Angkatan 2004 tidak terima dan terjadi bentrok… Menjelang maghrib hingga isya’ itulah terjadi tangis yang pilu di depan UPT Bahasa Inggris… namun… SISTEM 04 tetap berjalan…

 
10 Oktober 2004

Pagi hari jam 2… terbangun kedinginan di ketinggian… (perkiraanku 200 kaki di atas permukaan laut…) semua peserta IOC 04 dibangunkan…. dibentak.. dicaci maki dan diteriaki… Waktu itu semua tampak lelah… maklum.. semua baru tidur jam 12 dan dibangunkan lagi jam 2… pastinya masih dalam keadaan ngantuk… capek dan badan terforsir… Dan kabar pun beredar.. KOMTING HILANG..!!! Heboh… tidak terbayangkan… Namun tetap tenang… kami berdiskusi dengan panitia… bahwa pasti ada oknum yang menyebabkan hal ini… (Belakangan diketahui bahwa Komting disembunyikan oleh panitia di dalam mobil di bawah…). Rasanya pengen tak pukul aja tuh panitia… enak aja bangunin jam 2 bilang komting ilang… ehhh malah mereka yang nyulik… stupid nggak sih…?? But, finnaly… hari itu juga angkatan 2004 di-baiat… (Aku kurang suka dengan istilah baiat itu… ). Angkatan 2004 dinyatakan resmi secara de facto menjadi anggota HMTI ITS… sedangkan secara de yure menyusul…

 14 Februari 2005

Pembukaan TI Days 2005…. Acara olahraga rutin tahunan yang digelar oleh HMTI yang kepanitiannya diserahkan kepada anggota yang baru diangkat… Yang dalam hal ini adalah angkatan 04… tidak pelak…beberapa cabang olah raga pun digelar… dari mulai sepakbola.. tennis… catur… bahkan hingga bridge dan tarik tambang…. Mengikut sertakan dosen dan karyawan juga… meski terkadang direwangi sampai tidur di parkiran beralaskan koran… tapi yahhhh namanya juga amanah… harus ditunaikan dengan baik… Dan ternyata memang diakui oleh angkatan 2000 maupun warga TI yang lain… bahwa TI Days 2005 merupakan TI Days terbaik hingga tahun itu… apalagi ditutup dengan Makrab… dan diselingi dengan acara sexy dencer… (waduh.. kalo ini gak ada comment dech…^_^!)… Sebagai pemenang umum… angkatan 2000 yang menjuarai.. (kalo penulis gak salah inget, red)

TI Days1

 90% full team

 

 

 

 

April 2005

PEMTI 2005 digelar… sasarannya tentu angatan 2003 dan 2004. Saat itu, PEMTI dan TD belum dipisah… sehingga diterima dan mengikuti PEMTI merupakan sebuah amanah yang besar (aku menyebut amanah untuk menyatakan bahwa nantinya lulusan PEMTI ini akan menjadi dasar sumber daya manusia untuk kemajuan HMTI…). Banyak sekali kontroversi saat itu… namun angkatan 2004 yang saat itu merupakan angkatan yang paling muda hanya dapat meyaksikan tanpa memberikan komentar yang dapat memperkeruh suasana… Yang pasti.. sejak saat itu… wacana untuk memisahkan PEMTI dengan TD mulai diisukan…

Juli 2005

Sedih bila kita kehilangan teman-teman yang telah bersama selama ini… beberapa teman TI 04 yang pergi meninggalkan kampus TI tercinta ini diantaranya Riska, Marshal dan Tedy… Sebenernya Tedy saat itu belum berpisah… hanya entah mengapa dia lebih sibuk dengan kerjanya… Yahhh apa mau dikata… memang prioritas setiap orang berbeda-beda…

 

Februari 2006

Pastinya saat kita kuliah… ada juga yang mendapat nilai bagus dan ada juga yang mendapat nilai jelek… TI 04 yang saat itu mendapat nilai D di matakuliah Fisdas 2 harus melakukan registrasi ulang ke BAAK untuk dapat mengikuti kelas khusus yang mengulang secara terpisah… yang pasti… perjuangan untuk mendapatkan nilai A tetap harus diperjuangkan meski ada setitik harapan…. he..he…

 

10 Maret 2006

Sebagai sesama keluarga, tentu apabila ada teman yang sakit… kita akan mendoakan agar dia lekas diberi kesembuhan… Jessica… saat itu sakit flu dan demam… sepertinya badannya panas…

 

Juni 2006

Setelah tahun ke dua… sudah menjadi tradisi… (atau gimana ya menyebutnya…??) bahwa sebuah angkatan akan memegang amanah di organisasi kemahasiswaan di TI…. Baik untuk Himpunan maupun MSI… Anggun dan Farid… Dua nama ini pasti tidak asing bagi temen-temen TI 04… Anggun sebagai Kahima TI dan Farid sebagai maz’ul MSI… Mereka berdua memang kompeten dalam memimpin… Terlihat banyak sekali program kerja MSI dan HMTI yang berjalan dengan baik…

 

Februari 2007

Studi Ekskursi.. yang merupakan tradisi yang dibudayakan secara turun temurun oleh mahasiswa TI… Saat inilah benar-benar terasa kebersamaan di antara sesama keluarga angkatan 2004…. Meski tidak bisa full team (disebabkan adanya beberapa alasan yang tidak dapat diceritakan… ada beberapa anggota TI 04 yang tidak mengikuti…) namun kita tetap bahagia… menuju Gresik…. Jakarta…Bandung… Mulai dari semen gresik…petro…Specs tanggerang…telkom jakarta…Dufan…PT. DI…… Pulang di hari ke-6 dengan capek…penat…ngantuk… tapi seneennnnngggg banget…!!!

 

Maret 2008

Meski lulus lebih dahulu… namun… di hati teman-teman yang lulus.. selalu terpatri..kebersamaan… kasih sayang…persahabatan… yang menghiasi.. sanubari 14anak TI 04 yang lulus di bulan maret 2008 itu… ya… 14 anak itu telah merampungkan 144 SKS yang menjadi syarat kelulusan S1-Teknik Industri… Dan Insya Allah.. 8 anak akan menerima predikat cum laude (Sekali lagi bila penulis tidak salah…^_^!)…

 

Itu… adalah sedikit.. dari sekelumit kisah TI 04… mungkin ada moment yang belum tercatat oleh penulis.. tapi tentu saja akan lebih baik bila terus ditambah oleh penulis TI 04 yang lain…

 

Teruntuk sahabat yang paling disayangi.. Penulis hadiahkan sebuah puisi karya Kahlil Gibran ini untuk kaliah semua angkatan 2004

 

Dan jika berkata, berkatalah kepada aku tentang kebenaran persahabatan?..Sahabat adalah kebutuhan jiwa, yang mesti terpenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau panen dengan penuh rasa terima kasih.

Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Karena kau menghampirinya saat hati lapa dan mencarinya saat jiwa butuh kedamaian.Bila dia bicara, mengungkapkan pikirannya, kau tiada takut membisikkan kata “tidak” di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata “ya”.

Dan bilamana ia diam, hatimu tiada ‘kan henti mencoba merangkum bahasa hatinya; karena tanpa ungkapan kata, dalam rangkuman persahabatan, segala pikiran, hasrat, dan keinginan terlahirkan bersama dengan sukacita yang utuh, pun tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, janganlah berduka cita; Karena yang paling kaukasihi dalam dirinya, mungkin lebih cemerlang dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya ruh kejiwaan. Karena kasih yang masih menyisakan pamrih, di luar jangkauan misterinya, bukanlah kasih, tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenal pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu hingga kau senantiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Karena dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria berbagi kebahagiaan.
Karena dalam titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menemukan fajar jati dan gairah segar kehidupan.

 

 

 

5 Responses

  1. Wush..lengkap bngt storynya. dari jaman baheula sampe lu2s

  2. wah ebat masuk its,,mas gmana seh caranya masuk sana? ttips-tips belajarnya gitu…

  3. SISTEM memang luar biasaaa…

  4. Sakti: iya dong.. Kan enak mengikuti langkah jalan kita..

    Wiswa: belajar yang rajin ya.. Asalkan giat n tekun pasti bisa kok.. Jangan lupa berdo’a..:)

    Layli : TI juga? Angkatan berapa?

  5. wah,,, d postinganya lengkap bgt mas,, hehe
    kenalin sy yuna dr TI-2009. Adik kos nya mas Anggun mas, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: